Rube Goldberg Contraption

Rube Goldberg Contraption adalah sebuah mesin yang ditemukan oleh kartunis yang bernama Reuben Garret L. Goldberg. Mesin ini merupakan alat yang rumit yang digunakan untuk menggerakkan sebuah benda dan pekerjaan yang sederhana. Karena penemuannya yang brilian, maka banyak orang yang terinspirasi untuk melakukan dan membuat hal yang sama.
Beberapa hari yang lalu, kami mencoba untuk membuat sebuah mesin yang terinspirasi oleh mesin-mesin yang telah dibuat oleh Rube Goldberg. Kami menggunakan beberapa barang yang telah dibawa dari rumah seperti, mobil-mobilan dan mainan kereta. Selain itu, kami juga menggunakan beberapa barang yang ada di sekolah, seperti balok, pipa, bola plastic, kelereng, dan botol plastik.
Setelah kami membuat Rube Goldberg Contraption tersebut, kami langsung menguji cobakan alat tersebut. Kami melakukan uji coba mesin Rube Goldberg kami berkali-kali, karena ada beberapa kesalahan teknis yang membuat mesin tidak berjalan dengan lancar, salah satunya, kelereng tidak jalan pada lintasannya, balok jatuh tidak mengenai sasarannya sehingga menghentikan proses berjalannya mesin, dan tali yang tidak tertarik oleh beratnya kelereng, sehingga tidak membuat penyangga pada bola terbuka.
Setelah kami melihat kembali video rekaman dari cara kerja mesin kami, ternyata durasi waktu kami lebih sebentar dari target yang telah kami sepakati yakni 2 menit, sedangkan mesin kami menghabiskan waktu hanya selama 1 menit 50 detik. Kami berusaha mencari jawaban mengapa mesin kami tidak berhenti atau melebihi 2 menit. Setelah kami pelajari, sebenernya durasi waktu kami dapat mencapai 2 menit jika beberapa jalur yang telah kami buat diperpanjang dan diperbaiki.
Beberapa cara yang dapat kami lakukan untuk membuat durasi waktu menjadi 2 menit, diantaranya adalah:
1.     Jalur pertama
Kesalahan: jalur pipa terlalu curam, sehingga kelereng jatuh lebih cepat dan membuat durasi mesin lebih cepat.
Perbaikan: mengurangi kemiringan pipa agar kecepatan kelereng yang melintas diatasnya melambat. Hal ini melibatkan gravitasi, energi potensial dan kinetik. Energi kinetik, terjadi disaat kita menjatuhkan sebuah kelereng keatas pipa. Sementara energi potensial terjadi disaat kelereng berada diatas pipa yang miring, sehingga kelereng tersebut bergerak kebawah karena adanya gravitasi bumi.
Di jalur pertama ini, seharusnya kami dapat membuat pipa menjadi lebih landau, sehingga kecepatan kelereng pada saat melintas dapat lebih lambat.
2.     Jalur kedua
Kesalahan: jalur pipa terlalu pendek, sehingga durasi bola melaju dengan cepat. Hal ini disebabkan karena adanya gaya gravitasi dan energi potensial yang membuat bola tersebut turun dari pipa tersebut
Perbaikan: membuat jalur pipa lebih panjang, sehingga bola melaju lebih lama dan dapat memperpangjang durasi mesin.
3.     Jalur ketiga
Kesalahan: jalur domino kurang panjang, sehingga durasi RGC yang kami buat tidak terlalu lama. Domino tersebut dapat jatuh dan membuat domino lainnya terjadi akibat gravitasi yang membuatnya jatuh dan kaya dorong yang menimpa domino-domino lainnya.
Perbaikan: jalur domino diperpanjang agar durasinya lebih panjang.
4.     Jalur keempat
Kesalahan: jalur mainan kereta diperpanjang dan dibuat agar tidak ada belokan yang tajam, agar kereta tersebut tidak akan terhenti atau tersangkut dijalur tersebut, maka jalur tersebut harus diperbaiki. Jalur kereta tersebut dapat jalan karena adanya baterai dan menciptakan tenaga bagi kereta tersebut, setelah itu kereta juga dapat jalan karena adanya energi kinetik disaat balok yang menurun.
Perbaikan: jalur kereta diperpanjang dan dibuat lebih lurus sehingga tidak ada hambatan bagi kereta.
5.     Jalur kelima
Kesalahan: domino terakhir tidak terlalu besar, sehingga tulisan yang telah diguling tidak jatuh akibat domino effect tersebut.

Perbaikan: domino terkahir dibuat lebih besar dan lebih berat sehingga gulungan kertas dapat terbuka.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s