Mengunjungi Keluarga Jauh

Jumat, 30 Januari 2014

Aku pergi untuk mengunjungi salah satu keluarga jauhku yang bernama Eyang Adi, ia adalah om dari bapaku, tetapi aku jarang sekali bertemu, bahkan aku tidak tahu apa bila ia salah satu anggota keluarga besarku. Ia yang tinggal di Sarang Hegar 1 no. 30c menggunakn kendaraan umum angkot dari McDonald simpang dago, jurusan Dago – Sadang Serang. Aku diberi beberapa catatan oleh orang tuaku, yaitu aku harus turun sebelum Koramil karena gang Sadang Hegar 1 tidak jauh dari Koramil dan diusahakan untuk diduduk didepan atau dibelakang supir angkot, agar aku tidak melewati Koramil. Aku pun memahami catatan-catatan yang diberi oleh orang tuaku.

Aku pun naik angkot tersebut didepan McDonald, mulailah perjalanan kecilku. Disaat aku memasuki angkot tersebut, ternyata angkot tersebut penuh, maka dari itu aku mencari tempat duduk seadanya. Akhirnya aku duduk membelakangi supir tersebut. Karena aku tidak tahu di mana tepatnya Koramil, maka aku memberi tahu supir angkot tersebut untuk menurunkan aku disebelum Koramil. Aku pun berjaga-jaga dengan barang-barang bawaanku, maka aku memangku tas ransel dan beberapa oleh-oleh untuk Eyang Adi. Saat aku melihat jalan sekitar, aku memiliki feeling bahwa Koramil sudah terlewat jauh dari posisiku saat ini dan sudah tidak ada penumpang lain selain aku. Aku pun langsung bertanya kepada supir angkot tersebut, apakah Koramil sudah terlewat? Tenyata benar! Koramil sudah terlewat jauh. Tetapi supir angkot tersebut baik, ia mau mengantarkanku ke depan gang Sadang Hegar 1 tanpa biaya tambahan lagi.

Aku pun memasuki gang tersebut dengan sedikit tegang, karena gang tersebut sangat sepi. Aku melihat sisi kanan kiriku dimanakan rumah yang bernomor 30c. Aku kira gang yang aku masuki adalah gang yang salah, ternyata gang tersebut benar dan rumah tersebut ada di ujung gang tersebut. Aku pun masuk kedalam gerbang dan mengetuk pintu rumah itu, dan seorang wanita tua membuka pintu tersebut, aku bertanya kepadanya, apakah ini rumah pak Adi? Ternyata itu memang benar rumahnya. Ia pun memanggil Eyang Adi untuk keluar dari kamarnya. Aku pun mengenalkan diriku, aku juga menjelaskan proyek apa yang sedang aku lakukan sekarang. Ternyata wanita tua tersebut adalah Wigati, istri dari Eyang Adi.

Kami pun banyak sharing tenting kehidupan kami dan mereka berbagi mengenai hubungan antar mereka dengan keluargaku. Aku pun menjelaskan bahwa ini adalah proyek yang telah direncanakan oleh kakak untuk kami, dengan tujuan untuk mengetahui jalur-jalur angkot dan agar menciptakan kedekatan dan kehangatan dengan orang-orang yang jarang kami temui.
Setalah itu Eyang Adi juga bercerita bahwa ia memiliki hobi unik, yaitu membuat family tree keluarga kami. Jadi setiap orang-orang yang berkunjung kerumahnya, terutama keluarga jauh, ia akan selalu memnita nama lengkap keluarga kecilnya dan menanyakan beberapa pertanyaan mengenai keluarga.

Setelah kami banyak berbicara mengenai family tree keluarga kami, ternyata ia telah membuat beberapa family tree dan ia memberikannya printan dari family tree tersebut, dan aku cukup terkejut saat melihat ujung dari family tree kmi ternyata kami adalah keturunan dari keluarga Sultan Yogyakarta ke 1 dan ke 2. Tetepi banyak juga anggota keluarga lain yang sama sekali belum pernah bertemu dengan kami.

Setelah itu, aku pun melihat jam, tenyata waktu telah menunjukkan pukul 15.30, sementara aku akan bertemu ibuku jam 16.00, maka dari itu, mau tidak mau aku harus memutuskan percakapan kami kali ini. Aku pun berpamitan, mereka berkata  padaku, bila lain kali aku berkunjung kerumah mereka lagi, mereka berharap akan mengajak ibu, bapa, dan kakakku kesana.
Tidak lama kemudian, aku punn pulang menggunakan angkot yang berjurusan sama, yaitu Dago – Sadang Serang. Akhirnya aku pun bertemu dengan bapaku lagi di McDonald simpang dago dengan selamat.

Leave a Reply

