Divergent

Judul buku: Divergent
Penulis: Veronica Roth

Penerbitan: 2011 ole Katherine Tegen Books

Total halaman: 487

Buku ini menceritakan tentang seorang wanita yang bernama Beatrice Prior atau biasa dipanggil Tris. Ia adalah anak seorang pria yang bekerja sama dengan walikota di kota yang ia tinggali.

Ternyata kota tersebut memiliki satu perbedaan dengan kota-kota lainnya. Yaitu bagi para remaja yang sudah berumur 16 tahun, diwajibkan untuk mengikuti sebuah pembagian tim berdasarkan kemampuan dan pilihan masing-masing remaja.
Keluarga Prior ini menganut Abnegation, yang dimana mereka tidak boleh egois dan harus selalu siap membantu orang lain. Dari cara mereka berpakaian saja mereka tidak boleh mencolok dan harus sederhana.
Karena sifat Abnegation sangat cocok untuk memimpin, akhirnya Abnegation ditunjuk untuk memegang pemerintahan.
Karena Tris dan kakaknya, Caleb, sudah menginjak usia 16 tahun, maka saatnya mereka untuk memilih tim yang sesuai dengan kemampuan dan sifatnya.
Terdapat 5 tim yang dapat dipilih oleh mereka, yaitu Dauntless untuk para remaja yang suka bertualang dan bersifat pemberani, Abnegation untuk orang yang tidak egois dan suka membantu, Candor untuk yang bersifat jujur, Erudite untuk yang bersifat suka mencaritahu, dan Amity yang menganut kedamaian.
Tetapi pada akhirnya Caleb memilih untuk masuk tim Erudite sementara Tris memilih untuk masuk Dauntless.
Setelah acara pemilihan tim tersebut selesai, merekapun langsung beranjak kekegiatan ditim masing-masing.
Tetapi setiap orang yang sudah memilih tim disaat Chooshing Ceremony, belumlah menjadi anggota dari tim yang mereka anut. Mereka harus mengikuti beberapa tes. Bila mereka lulus dalam setiap tes yang diberikan, maka ia akan menjadi anggota dari tim tersebut. Dari 20 orang calon yang akan masuk ke tim tersebut, akan hanya terpilih 10 orang yang lulus. Untuk para calon yang tidak lulus, akan dikeluarkan dan menjadi factionless, yaitu orang-orang yang tidak memiliki faction apapun.
Setiap calon yang akan masuk ke dalam tim tersebut, wajib juga untuk mengikuti fear simulation yang rutin, di mana setiap orang di tes apa saja ketakutannya dan bagaimana mereka mengatasinya. Lalu setelah mengikuti simulasi itu, keluarlah hasil yang menunjukkan bahwa ia sebenarnnya cocok untuk masuk tim mana. Tetapi Tris selalu tidak diperbolehkan untuk melihat hasilnya sendiri dan segala tentangnya, seakan-akan ditutupi oleh orang-orang yang tahu hasilnya.
Setelah beberapa lama menantikan hasilnya, akhirnya Tris tahu bahwa dirinya berbeda dengan hasil-hasil orang lain. Ia adalah seorang Divergent, yang di mana orang-orang yang Divergent selalu dibunuh karena dianggap membahayakan dan tidak dapat diatur. Maka dari itu hasil miliknya selalu disembunyikan dari orang banyak.

Tiba-tiba diluar sana ada sebuah kericuhan antar Abnegation dan Erudite. Ternayta Erudite ingin protes kepeda Abnegation, bahwa semakin hari sistem pemerintahan di kota ini semakin menurun. Akhirnya Erudite protes dengan cara menghasut para masyarakat. Mereka memberitahu masyarakat bahwa Abnegation telah menyalahgunakan kekuasaannya. Eruditepun akhirnya membuat tim Dauntless untuk membunuh masyarakat Abnegation, termasuk orang tua Tris. Erudite seperti menghipnotis Dauntless. Tetapi hal tersebut tidak mempan di Tris dan Thobias. Akhirnya mereka berdua mencoba untuk menyelamatkan warga Abnegation dan memberhentikan hipnotis tersebut.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s