Totto-chan’s Children

Judul buku: Totto-chan’s Children
Pengarang: Tetsuko Kuroyanagi
Tahun terbit: Februari 2010
Jumlah halaman: 328 halaman
Setelah membaca buku ini, hatiku cukup tersentuh. Karena buku ini seperti mengingatkanku bahwa masih banyak orang yang memiliki cobaan dan masalah yang lebih berat daripadaku. Bahkan mereka membutuhkan perjuangan untuk mendapatkan setetes air untuk minum, yang dimana terkadang aku masih menghambur-hamburkan air disaat mandi. Banyak juga anak-anak yang ingin mendapatkan pendidikan yang setara di negara-negara lainnya, yang dimana masih banyak dari kami yang malas untuk bersekolah.
Buku yang dikarang oleh Tetsuko Kuroyanagi, berdasarkan pengalaman hidupnya. Berbeda dengan buku sebelumnya yang berjudul ‘Totto-chan: The Little Girl at the Window’ yang menceritakan tentang masa hidupnya saat ia masih SD. Dibukunya yang kali ini, ia menceritakan bagaimana pengalaman, suasana, dan perjalanannya selama ia membantu beberapa negara yang masih belum merdeka dan membutuhkan banyak bantuan dari negara-negara lain. Karena ternyata tidak banyak yang peduli terhadap hal tersebut, akhirnya Totto-chan pun turun tangan untuk membantunya. Akhirnya, ia diangkat menjadi duta besar kemanusiaan oleh UNICEF. Ia dan beberapa tim dari UNICEFpun berkeliling ke 13 negara yang membutuhkan bantuan, seperti Tanzania, Angola, dan Banglades.
Dalam buku ini, ia berbagi cerita bagaimana perasaannya saat melihat keadaan di sana. Dari setiap cerita yang ia buat, selalu menyentuh hatiku. Apalagi disaat ia menceritakan bahwa banyak sekali anak-anak yang dijadikan umpan ataupun korban perang saudara. Beberapa dari mereka ada yang meninggal atau cacat. Tetapi dari kecacatan tersebut, tidak menurunkan keinginan belajar mereka. Bahkan mereka sampai rela tidak tidur hanya untuk mengikuti sekolah malam yang diadakan secara gratis oleh para relawan. Selain itu, ada ternyata banyak sekali anak-anak yang terkena penyakit berat ataupun kekurangan gizi akibat saat dikandungan ibu, ia tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup. Bahkan mereka harus berjalan berpuluh-puluh kilometer untuk mendapatkan air bersih untuk mandi. Yang dimana kita tidak pernah memikirkan berapa banyak air yang telah terbuang setelah kami selesai mandi.
Menurutku buku ini wajib dibaca oleh semua orang. Karena buku ini membukakan mata dan membuat kami sadar bahwa masih banyak orang yang harus dibantu.

Buku ini membuatku selalu bersyukur atas setiap hal yang terjadi padaku, mau itu hal buruk ataupun baik. Membuatku menjadi selalu memandang sisi positif disetiap keburukan. Beberapa bagian yang membuatku meneteskan air mata.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s