Bergabung dengan KPB

Menurutku KPB adalah SMA Semi Palar yang memiliki metode pembelajaran sendiri dan tidak mengikuti kurikulum. Namun KPB juga masih tergolong home schooling.
       Aku masuk KPB berdasakan dari keinginan sendiri. Tetapi pada awal-awalnya jujur aku masih ragu SMA mana yang akan aku lanjutkan. Tetapi untungnya orang tuaku memberi kebebasan untuk memilih ke mana aku akan melanjutkan SMA. Pada saat itu, aku sempat bertanya-tanya kepada orang-orang yang sepantaran maupun tidak, mengenai SMA yang kira-kira cocok untukku. Hingga pada akhirnya disuatu titik aku benar-benar kebingungan SMA mana yang akan aku pilih. Orang tuaku akhirnya mengajakku untuk berbicara dengan mereka tentang pertimbanganku dan pertimbangan mereka mengenai KPB dan juga SMA-SMA lain di Bandung. Setelah mempertimbangkan lebih jauh, akhirnya aku memilih untuk bergabung dengan KPB. Karena menurutku, aku lebih cocok dengan cara pembelajaran seperti ini. Melihat dari pengalaman kelas KPB yang sedang berjalan sekarang, 
        Perbedaan sekolah negeri dan swasta dengan KPB adalah KPB metode belajar yang tidak seperti sekolah lain yang hanya duduk di dalam kelas dan belajar materi-materi yang telah diberikan oleh gurunya, melainkan belajar materi-materi langsung dengan narasumber dan langsung datang ke lapangan.
        Ada banyak hal-hal yang ingin aku capai saat bergabung dengan KPB, salah satunya adalah lebih mudah bergaul dengan lingkungan baru. Selain itu, aku ingin dapat bisa membuka topic pembicaraan pada siapa saja dan di mana saja. Namun, aku juga ingin dengan aku bergabung di KPB ini, dapat memudahkanku untuk mempertajam dan memperdalam minatku kedepannya.
        Namun, setelah aku mengetahui lebih dalam mengenai KPB, ada beberapa kekhawatiran yang muncul dari diri aku sendiri, antara lain adalah fisikku. Karena sejauh ini, aku tahu bahwa KPB akan penuh dengan jalan-jalan dan petualangan. Bukannya aku tidak suka untuk berjalan-jalan, namun aku khawatir tidak kuat untuk selalu mengikuti kegiatan yang bentuknya selalu fisik.
Selain itu aku juga cukup khawatir bagaimana KPB akan mengejar materi-materi untuk UN kelas tiga nanti. Aku khawatir saat kelas 1 dan kelas 2, kita tidak belajar sama sekali materi UN, dan baru akan dikejar kelas 3. Karena aku adalah tipe orang yang tidak bisa dipaksa untuk belajar dalam jangka waktu yang pendek.
Sekarang aku sedang menekuni minatku dalam bidang design interior. Aku mulai memperdalam lagi dan mencari tahu lebih jauh mengenai interior-interior. Cara aku menekuni bidang ini adalah dengan banyak mencari referensi baik itu dari buku, majalah, internet, toko interior, ataupun dari pembuatnya langsung. Dengan itu, semakin kesini aku semakin tertarik dalam bidang design interior.
Tetapi sebenarnya aku juga suka dalam bidang atau hal-hal lain yang berbau kedetailan. Karena terkadang aku adalah orang yang terlalu perfectionist, maka aku selalu memperhatikan hal-hal kecil yang terkadang orang lain tidak perhatikan. Maka dari itu aku juga sangat suka untuk memperlajari dan memerhatikan kebiasaan-kebiasaan teman atau orang sekitar, yang menyakut dengan psikologi mereka. Selain itu aku juga suka untuk membuat suatu hal yang membutuhkan kedetailan dan ketekunan, seperti contohnya membuat karya 3D, menggambar, ataupun memasak.
Selama ini aku belum banyak mencapai hal-hal yang aku minati. Tetapi untuk yang sudah pernah dicapai adalah berhasil membuat tas totebag yang ada gambar buatanku. Selain itu, menurutku dengan aku mengetahui sifat dan karakter dasar manusia, aku juga sudah berhasil untuk memetakan teman-teman dan orang-orang di sekitarku. Mungkin hal tersebut bukan termasuk pencapaian, namun aku selalu memiliki rasa kepuasan tersendiri disaat aku sudah bisa membaca gerak-gerik manusia. Terkadang aku sudah dapat membaca mana orang yang sedang berbohong danmana yang berkata jujur. Tetapi aku tidak akan pernah merasa benar-benar puas karena aku tahu kejiwaan manusia itu tidak akan pernah dapat dipecahkan. Karena manusia itu penuh misteri.
Selain senin design dan kejiwaan manusia, aku juga tertarik untuk mengeksplorasi lebih jauh lagi mengenai segala yang ada sangkut pautnya dengan alam, seperti contohnya hutan dan hewan. 
Menurutku, keunikanku adalah aku tipe orang yang ingin tahu segala hal dan dapat menyesuaikan diri pada tempat baru. Maka aku tidak akan bersikap sama kepada semua orang. Aku harus menyesuaikan sikapku pada setiap orang, karena aku tahu tidak semua orang dapat diperlakukan sama seperti orang lain. Selain itu aku adalah orang yang cepat untuk mempelajari hal baru, terutama hal-hal yang aku suka.

Namun aku juga masih memiliki banyak hal yang harus aku perbaiki, yaitu: aku adalah tipe orang yang cukup moody, maka terkadang aku susah ditebak oleh orang. Selain itu aku adalah tipe orang yang susah untuk membagi waktuku dengan baik, maka terkadang beberapa tugas yang harus aku kerjakan ada yang tercecer.
Leave a Reply

