Noam Chomsky: Language and Responsibility

24 Agustus 2016.
Kami mengunjungi Kineruku yang berada di jalan Hegarmanah. Kineruku adalah sebuah library, coffee shop, dan juga cafe, yang menyimpan banyak sekali buku jadul yang menarik. Di sana kami harus mencari 3 buah buku yang sesuai dengan minat-minat kami, dan juga 1 buah buku mengenai sastra yang memiliki latar belakang di luar negeri. Untuk satu buku sastra tersebut aku memilih sebuah buju yang berjudul “Everything Is Illuminated” karangan Jonathan Safran Foer.

Untuk buku-buku yang diminati, aku memilih buku “Language and Responsibility” by Noam Chomsky. Aku memilih buku ini karena aku ingin tahu lebih dalam mengenai filosofi bahasa dan bagaimana di dalamnya juga mengandung banyak politik.
“Body, Memory, and Architecture” by Kent C. Bloomer and Charles W. Moore. Buku ini pertama menarik perhatianku karena gambar covernya yang cukup unik. Saat aku membacanya, ternyata buku ini mengulas banyak sekali mengenai arsitrktur dan juga memiliki visual yang sangat bagus.
“Journey To The End of The Night” by Céline. Buku terakhir ini memikat perhatianku karena sebelumnya memang sudah ingin membacanya, namun aku belum pernah menemukannya. Buku ini adalah salah satu buku yang beraliran sastra.

Diantara ketiga buku tersebut, buku yang ingin baca dan perdalam lagi adalah buku “Language and Responsibility” by Noam Chomsky, karena aku ingin tahu lagi mengenai filosofi bahasa. Namun sebelum mengulas lebih dalam mengenai buku ini, aku mendengan bahwa Noam Chomsky adalah salah seorang sejarawan, filsuf, sekaligus seorang linguistik yang telah menulis banyak buku.
Avram Noam Chomsky lahir pada tanggal 7 Desember 1928 (87 tahun) di Pennsylvania, Amerika Serikat. Chomsky sudah menulis lebih dari 100 buku mengenai linguistik, politik, dan lain-lain. Namun salah satu keunikkannya adalah mayoritas pemikirannya selalu bertolak belakang dengan pemikiran masyarakat. Chomsky juga tidak takut untuk menuliskan pemikiran-pemikirannya yang non-mainstream tersebut, yang terkadang menundang banyak kritik dan serangan dari berbagai pihak. Seperti contohnya, baru-baru ini ia sempat mengkritik dengan keras mengenai Donald Trump. Bahkan ia berani mengatakan bahwa menurutnya Donald Trump adalah seorang badut yang fasis.

“Language and Responsibility” ditulis atas hasil percakapan antar Noam Chomsky dengan Mitsou Ronat, seorang ahli bahasa dari Perancis. Buku ini terbit pada 1977 di Perancis.

Menurutku buku “Language and Responsibility” ini adalah buku yang cukup sulit untuk dipahami. 
Apalagi bila buku ini dibaca dengan orang yang tidak tertarik untuk menulas tentang pemikiran-pemikirannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s