Ilustrasi

Apa itu minat?
Minat adalah suatu ketertarikan seseorang terhadap suatu objek mau pun suatu kegiatan tertentu. Namun minat dan talenta adalah dua hal berbeda.

Aku terlahir di dalam keluarga yang beragam. Beragam profesi, latar belakang, maupun budaya. Memang beberapa dari keluargaku adalah seorang seniman. Namun dengan keberagaman tersebut, membuatku belajar dan dapat menemukan titik tengah tersendiri. Keberagaman tersebut membuatku lebih open mind terhadap segala hal dan memberiku banyak inspirasi terhadap minatku. Pada awalnya aku sangat senang menulis. Namun karena bagiku pribadi, aku ahli dalam menulis. Maka dari itu aku mencoba untuk menuangkan ekspresi dan cerita-ceritaku tersebut kedalam gambar.

Selama 1 bulan berpetualang bersama KPB, aku bertemu dengan banyak sekali orang-orang yang telah menginspirasiku. Seperti bertemu dengan designer interior, arsitek, hingga ilustrator ternama di Bandung dan juga Indonesia. Setelah aku bertemu dan melihat hasil karya-karya mereka, aku menjadi semakin yakin untuk lebih memperdalam art lagi. Walaupun aku masih belum yakin ke manakah minatku sebenarnya, apakah design interior atau ilustrator.

Aku sudah mulai suka menggambar sejak aku berusia 5 tahun. Pada awalnya aku senang untuk menggambar apapun yang telah aku tonton di tv pada hari itu. Pada saat itu aku masih kidal dan lebih banyak melakukan segala sesuatu dengan tangan kiri. Namun sejak aku masuk sekolah, aku merasa aneh karena melihat semua teman-teman di kelasku menggunakan tangan kanan. Sejak saat itu akupun mulai menggunakan tangan kananku. Memang gambarku pada saat itu tidak bagus. Namun pada saat itu gambar adalah segalanya bagiku. Aku harus selalu membawa kertas dan sebuah pensil ke manapun aku pergi. Setelah itu, aku mulai suka untuk menggambar kartun dan juga hewan-hewan yang aku lihat.

Setiap aku dan keluargaku pergi ke suatu tempat yang berbau interior, seperti IKEA, pasti hanya aku dan ibukulah yang paling senang dan tidak ingin pulang. Bagiku interior adalah hal yang sangat menarik bagiku. Namun salah satu hal yang membuatku kurang minat untuk memperdalam design interior adalah aku bukan tipe orang yang suka menggambar dengan ukuran dan harus sesuai dengan aslinya. Aku adalah tipe orang yang lebih suka melakukan sesuatu sesuai hatiku ingin lakukan. Maka dari itu aku lebih senang untuk menggambar hal-hal yang ada dalam kepalaku. Hal-hal itu lalu aku tuangkan ke dalam sebuah kertas gambarku.

Banyak sekali ilustrator-ilustrator ternama yang telah memberiku banyak inspirasi, seperti:

Dr. Seuss
Seorang ilustrator sekaligus penulis asal Massachusetts, Amerika Serikat, yang terkenal antara lain atas buku hasil karyanya: “The Cat in the Hat”, “The Lorax”, dan “How the Grinch Stole Christmas”.

Michael K. Frith
Seorang ilustrator asal Hamilton, Bermuda yang terkenal atas karyanya: “The Muppet Show”.

Roald Dahl
Seorang ilustrator dan penulis asal Wales, UK yang terkenal atas karyanya: “Matilda”, “James and the Giant Peach”, dan “Charlie and the Chocolate Factory.”

Leave a Reply

