Bahasa

Bahasa adalah sebuah kemampuan manusia untuk berkomunikasi dengan antar orang lain. Bahasa menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Setiap bayi yang terlahir di dunia ini pada akhirnya akan berbicara sesuai dengan apa yang telah diajarkan oleh orangtuanya. Secara otomatis, bahasa akan mengalir secara sendirinya. Hal yang paling mempengaruhi seseorang untuk berbahasa adalah lingkungannya. Seperti teman, orangtua, guru, media massa dan lain-lain.


Setiap daerah memiliki bahasa tersendiri. Terkadang yang membedakan bahasa di setiap daerah hanyalah beberapa hal kecil, seperti intonasi. Seperti contohnya para suku Batak. Mungkin beberapa orang bertanya (termasuk aku), mengapa ya orang-orang Batak kalau berbicara selalu keras dan seakan-akan ingin berkelahi? Ternyata setelah aku bertanya kepada beberapa orang yang asli Batak berkata bahwa itu memang kebiasaan mereka dari dulu. Hal itu disebabkan dahulu rumah mereka berjauh-jauhan, sehingga agar saat mereka berkomunikasi terdengar, mereka harus teriak antar satu sama lain. Dari situ aku menjadi belajar bahwa setiap bahasa dipengaruhi juga dengan kondisi alam disekitarnya.
Di Indonesia sendiri memiliki 860 bahasa daerah yang berbeda.
Menurut beberapa sumber sampai detik ini, tercatat ada 6.500 bahasa di dunia ini. Dari ribuan bahasa yang terdapat di dunia ini, ternyata bahasa yang paling sering digunakan adalah bahasa Mandarin.
Apakah sulit untuk berlajar bahasa asing? Menurutku hal itu tergantung kepada orang yang mempelajarinya. Aku sempat diberi tips and trick oleh kakak beradik asal Indonesia yang sedang tinggal di luar negeri. Mereka adalah kakak beradik yang hidupnya survive dan merantau ke seluruh dunia. Salah satunya yang membuat mereka survive adalah karena mereka dapat berbicara banyak bahasa. Kedua kakak beradik itu dapat berbicara 6 bahasa. Bahkan yang lebih mengejutkan lagi mereka mempelajari setiap bahasa-bahasa itu hanya dalam waktu 2 minggu. Bagaimana caranya? Ternyata mereka selalu membiasakan diri mereka untuk selalu selalu menonton tv, mendengarkan radio, membaca koran, dan selalu menaruh post-it di setiap barang yang ada di rumah mereka, dalam bahasa yang sedang mereka pelajari itu. Lama kelamaan secara otomatis mereka pun menjadi belajar dan terbiasa dengan bahasa tersebut.

Namun kira-kira apa ya bahasa yang paling sulit untuk dipelajari?
Ternyata jawabannya adalah antara lain: Mandarin, Arab, Jepang dan Finlandia.
Seperti contohnya di Finlandia. Bila kita salah sedikit saja berkata angka 6, artinya pun dapat meleset jauh. Angka 6 di Finlandia adalah kuusi. Namun bila kita berkata kusi artinya adalah air kencing. Kebayang ya bila saja kita salah ngomong kata itu di depan masyarakat di Finlandia.

Bila ada yang paling sulit, maka ada juga yang paling mudah untuk dipelajari. Menurut mayoritas orang, bahasa yang paling mudah untuk dipelajari antara lain adalah: Spanyol, Jerman, Belanda dan Perancis. Tapi apa yang membuat orang-orang mengatakan bahwa bahasa-bahasa tersebut lebih mudah dipelajari? Ternyata hal yang membuat bahasa-bahasa tersebut lebih mudah dipelajari adalah karena bahasa-bahasa ini memiliki kemiripan dengan bahasa Inggris.
Tetapi salah satu faktor yang paling membuat orang mudah memperlajari bahasa adalah karena disekelilingnya menggunakan bahasa tersebut. Walaupun kita tidak dapat berbahasa bahasa asing, aku yakin bila kita sedang berada di daerah atau negara asing yang bahasanya pun juga asing, pasti sedikit demi sedikit kita dapat mempelajarinya.

Bagiku pribadi, salah satu alasan mengapa aku senang untuk mempelajari bahasa lain adalah karena aku sedikit-sedikit mengerti apa yang sedang diperbincangkan oleh orang-orang sekitarku saat aku sedang travelling. Seperti contohnya pada saat itu aku sedang mengantri untuk membeli tiket, lalu keluarga di depanku sedang berbincang mengenai sesuatu. Lalu tiba-tiba salah satu anaknya berteriak kesal karena dia kalah dalam permainan yang sedang dimainkan di PSPnya. Lalu serentak keluarganya memarahi anak itu dalam bahasa Spanyol. Aku pun dalam hati tertawa mendengarkan apa yang mereka katakan kepada anak itu. Hal itu membuatku senang Keberagaman bahasa adalah salah satu yang membuat dunia ini menjadi kaya.
Bagiku bahasa adalah salah satu aset yang dimiliki oleh setiap negara. Maka dari itu menurutku penting untuk belajar bahasa.

Untuk para pembaca yang penasaran apa saja bahasa yang digunaka di setiap negara, dapat dilhat di website berikut: http://www.infoplease.com/ipa/A0855611.html
bibliography:
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s