ROCK & ROLL!

Musik adalah salah satu alternatif atau cara untuk orang-orang untuk mengekspresikan dirinya.
Musik menjadi salah satu cara untuk menenangkan pikiran disaat sedang stres atau pun sedih. Seperti salah satunya adalah lagu-lagu yang digunakan untuk yoga atau meditasi. Namun setiap orang bisa jadi memiliki genre yang berbeda untuk menghibur dirinya. Seperti beberapa orang, contohnya aku, berpendapat bahwa lagu rocklah yang dapat menenangkan kami.
Lagu-lagu rock naik daun pada tahun 1940 hingga 1950, terutama di Amerika. Maka dari itu banyak sekali rock band yang lahir di negara itu. Tetapi sebenarnya bau-bau lagu rock sendiri sudah dapat didengar pada tahun 1930an, namun biasanya yang lebih dominan pada tahun itu adalah genre rythym & blues (R&B).
Apa perbedaan genre rock dengan genre-genre music yang lain? Rock sendiri biasanya memiliki ciri di mana lagu-lagunya memiliki ketukan seperti music blues, yang disebut boogie woogie. Lalu biasanya lagu rock selalu diiringi oleh ketukan drum disepanjang lagu. Selain itu biasanya lagu rock dimainkan dengan satu atau dua buah gitar listrik, satu drum set, dan juga sebuah gitar bass listrik.
Rock sendiri terdiri beberapa dari subgenre lagi, yaitu:
Alternatif rock, art rock, beat, experimental rock, garage rock, glam rock, hard rock, heartland rock, heavy metal, indie rock, new wave, post-punk, post-rock, progressive rock, proto-punk, psychedelic rock, punk rock, roots rock, soft rock, Southern rockdan surf.
Lagu-lagu rock juga biasanya dapat mix dengan genre-genre lain. Seperti contohnya 5 Seconds of Summer yang bergenre pop rock. Lalu seperti contoh lainnya The Beatles yang genrenya campur antar country, rock dan juga blues.
Biasanya lagu-lagu bergenre rock ini lah yang menceritakan tentang perasaan bagaiaman perubahan, narkoba, alkohol, perdamain, dan lain-lain di mata mereka. Selain itu bermusik bagi mereka adalah salah satu cara mereka untuk bercerita tentang bagaimana kerasnya kehidupan mereka. Seperti contohnya lagu Wake Me Up When September Ends, karya Green Day. Ternyata lagu itu menceritakan tentang bagaimana emosi Billie Joe Armstrong disaat ayahnya meninggal saat ia berumur remaja. Karena merasa sedih pun ia akhirnya mengurung dirinya selama beberapa hari di dalam kamar. Hingga akhirnya keluarganya pun mengetuk pintunya dan mengajak untuk keluar dari kamar itu. Namun ia hanya menjawab “wake me up when september ends”. 
Namun tidak semua rock band bertahan lama dengan genre rock saja tanpa berubah. Banyak faktor yang membuat mereka berubah. Salah satu faktornya adalah mencari konsumen yang paling banyak pada saat itu. Seperti salah satu contohnya grup band Mötley Crüe. Mötley Crüe adalah sebuah band asal Los Angles, California, bergenrekan heavy metal yang beranggotakan 4 orang, dengan vokalisnya Vince Neil. Pada sekitar tahun 1990an hingga tahun 2000an, Mötley Crüe pun mengubah sedikit genre lagunya, yaitu menjadi classic rock. Bahkan salah satu rock band asal Amerika, yaitu Bowling for Soup, pernah menyeletuk tentang perubahan genre Mötley Crüe di lagunya yang berjudul “1985”. Faktor kedua bisa saja karena fisik anggota bandnya yang sedang kurang baik. Seperti contohnya grup band asal Inggris, yaitu Bring Me The Horizon. Bring Me the Horizon atau yang lebih dikenal dengan BMTH ini aktif dari tahun 2004 hingga sekarang. Pada awalnya grup band ini memiliki genre lagu alternatif rock. Namun sayangnya belakangan ini Oliver Sykes (vokalis) harus menjalani operasi karena ada permasalahan dengan pita suara dan tenggorokkannya. Lalu dokter menyarankan Oli untuk tidak nyanyi seperti screamo.
Trivia:
“Tahukah kalian, bahwa biasanya penggemar music rock dan metal, juga menyukai lagu-lagu klasik.”
“Come On Eileen adalah salah satu contoh lagu punk pada tahun 1980an.”
Dari ribuan rock band yang ada di dunia ini, berikut adalah band-band yang aku sukai:

Queen














Vokalis: Freddie Mercury
Berdiri pada tahun 1970 di London, Inggris. Sayangnya icon dari grup band itu, yaitu Freddie Mercury, meninggal pada tahun 1991. Namun hingga sekarang band ini masih tetap berkarya dan tur ke seluruh dunia, dengan bantuan dan kolaborasi bersama Adam Lambert.
The Beatles


//giphy.com/embed/13N7kxbW8bJ8Q0

Berdiri pada tahun 1960 di Liverpool, Inggris. Icon dari band ini tentu John Lennon dan Paul McCartney. Namun personil favoritku adalah George Harrison. Karena ia adalah salah satu pendiri dan pendana untuk band ini.
Oasis













Berdiri pada tahun 1991 di Manchester, Inggris. Namun sayangnya band ini bubar pada tahun 2009 karena ada masalah antar Liam dan Noel Gallagher. Sekarang mereka menjalani karir musiknya sendiri-sendiri.

Namun terkadang orang-orang suka menganggap bahwa orang-orang yang menyukai lagu-lagu rock itu adalah orang-orang yang rebel, anak geng, pengguna narkoba dan lain-lain.
Tetapi bagi orang-orang yang tidak menyukai lagu-lagu rock, jangan pernah melabel bahwa kami adalah orang-orang rebel yang tidak pernah mengikuti aturan atau anak-anak emo.

Akui saja, lagu-lagu rock itu enak!

//giphy.com/embed/EaUqFB34gfKRG

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s