Kadal Besar Penguasa Dunia

Semua tampak baru. Itulah kalimat yang terlintas di kepala saya saat kami, KPB, mengunjungi Museum Geologi beberapa pekan lalu. Kami diberi keleluasaan oleh Kak Agni untuk memilih bagian yang paling diminati oleh masing-masing dari kami, di dalam museum ini. Sebenarnya bagi saya tidak ada hal spesifik yang menarik di dalam museum ini. Namun karena kami diharuskan untuk memilih, maka saya harus kembali ke masa dimana cita-cita saya ingin menjadi seorang arkeoligi.

Di Museum Geologi ini, terdapat ruangan “Sejarah dari kehidupan”. Di dalamnya, terdapat hal yang paling saya suka. Yaitu fosil t-rex. Ini adalah satu-satunya yang selalu menarik peratian saya saat masuk ke ruangan ini. Banyak orang-orang yang berkata bahwa fosil yang dipajang tersebut adalah fosil palsu atau biasa disebut sebagai fosil yang terbuat dari gypsum. Tetapi aku juga percaya bahwa fosil tersebut tidak asli. Melihat dari bentuk dan teksturnya yang tidak terlihat seperti tulang belulang. Maka saya juga akhirnya berasumsi bahwa itu adalah tulang palsu. Tetapi tak apa. Saya tetap senang melihatnya. Setiap saya melihat fosil atau tulang belulang hewan dan terutama dinosaurus, saya selalu memerhatikan kedetilan-kedetilannya. Mulai dari warna, bentuk gigi, panjang ekor, banyaknya rusuk dan besar rahang. Tyrannosaurus atau t-rex, memang bukanlah dinosaurus favorit saya, namun karena di museum ini hanya terdapat fosil dinosaurus t-rex, jadi apa boleh buat. Namun, bagiku t-rex ini cukup menarik juga setelah diperhatikan kedetilannya. T-rex adalah salah satu dinosaurus yang terganas dan berukuran besar pada zaman kapur. Tetapi walaupun dinosaurus ini terlihat sangat menakutkan, dinosaurus ini dapat membuat kita tertawa apa bila kita memerhatikan bahwa t-rex memiliki tangan yang sangat pendek dan kecil. Malangnya t-rex.

//giphy.com/embed/3o7TKqXTQfj2DbtNOU

Jujur, salah satu hal yang mengecewakan dari museum ini adalah, mereka tidak memberikan banyak informasi, terutama mengenai dinosaurus ini. Menurut saya info-info yang berada di sana, hanyalah info-info mendasar mengenai dinosaurus. Seharusnya mereka dapat menggali lebih dalam lagi fakta-fakta unik dari dinosaurus. Akhirnya karena informasi yang kurang lengkap, saya pun memutuskan untuk mencari info lagi di perpustakaan yang terletak di dalam museum ini. Sesampainya saya di sana, saya bertanya kepada penjaga perpustakaan apakah mereka memiliki buku mengenai dinosaurus. Si penjaga perpustakaan tersebut pun hanya memberikan sebuah buku mengenai dinosaurus, tetapi dalam bahasa Jerman. Pada akhirnya pun, aku hanya dapat melihat gambar-gambarnya dan aku coba gambar ulang di buku jurnal saya.

Tetapi hal tersebut tidak menghentikan saya. Keterbatasan informasi di museum malah membuat saya ingin mencari tahu lagi lebih banyak mengenai jenis-jenis dinosaurus dan mengapa mereka bisa punah?

Ternyata dinosaurus telah hidup dari sejak 165 juta tahun lalu di dunia ini. Bahkan manusia modern saja baru hidup sekitar 200.000 tahun lalu. Ternyata menurut penelitian, salah satu hal yang membuat dinosaurus dapat bertahan hidup lama adalah karena kemampuan mereka untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dengan sangat cepat. Dinosaurus hidup di era Mesozoikum. Era Mesozoikum itu sendiri dibagi lagi menjadi 3 zaman, yaitu zaman Trias, zaman Jurasik dan zaman Cretaceous (kapur). Dinosaurus dan hewan mamalia lainnya baru hidup pada saat pertengahan zaman Trias. Sementara burung baru hidup pada awal menuju pertengahan zaman Jurasik.

Untuk informasi-informasi lebih mendalam, dapat mengunjungi pdf berikut:

http://dinosaurzoolive.com/downloads/DinosaurZooTeachersPack1.pdf
http://www.davidpetersstudio.com/Gallery-of-Dinosaurs.pdf

Leave a Reply

