Belajar di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja

Pendidikan. Apa itu pendidikan. Bagiku, pendidikan adalah suatu hal yang dilakukan untuk mendidik para pelajar. Pendidikan di tatarkan melalui banyak metode. Ada banyak cara untuk mendidik suatu pelajar. Maka bagiku, pendidikan tidak harus melulu tertuju kepada suatu cara saja. Kami bisa saja belajar mengenai alam, lingkungan, bahasa, budaya dan juga mengenai hewan. Jadi, kita tidak harus selalu terpaku dengan matematika, ilmu pengetahuan alam atau fisika. Memang hal-hal tersebut adalah hal-hal dasar. Namun, sesekali, kami juga harus belajar apa yang ada di sekeliling kita. Sebagai manusia, kita juga harus belajar mengenai sifat-sifat manusia, karakter teman-teman di sekeliling kita atau orang-orang asing, lalu kita juga harus belajar bagaimana cara menghadapi setiap orang tersebut. Tentu dengan berbagai macam jenis manusia, kita harus menanganinya dengan cara-cara tertentu. Karena tidak semua orang dapat disikapi dengan sikap yang sama dengan orang lain. Namun bagaimana cara kita belajar hal-hal tersebut? Tentu hal-hal tersebut tidak akan tertera di dalam buku tulis yang telah disediakan oleh guru-guru di sekolah. Satu-satunya cara agar kami semakin paham mengenai lingkungan kita, adalah dengan cara terjun langsung ke lapangan dan langsung menghadapinya. Dengan seperti itu, pengalaman kita dapat bertambah dan aku yakin, semakin lama, sisi kemanusiaan kita dapat terasah.
Bagiku, hal yang paling penting bagi manusia adalah sebuah pengalaman. Kapan terakhir kali kamu melakukan hal baru untuk pertama kalinya? Apakah setiap harinya kamu terus menerus melakukan hal yang rutin dan tak pernah berubah? Menurut pendapatku, semakin banyak pengalaman dan hal-hal baru yang kami alami setiap harinya, dapat mengasah otak kita untuk selalu menemukan solusi dan jalan-jalan alternatif baru. Sehingga bila suatu hari nanti kami semua lulus SMA, kuliah, dan lain-lain, dan kita harus memulai hidup sendiri, tanpa bimbingan orang tua, tidak mengenal siapapun di suatu lingkungan baru, kita dapat survive sendiri dan tidak bergantung pada orang.

Bertemu orang baru bagiku juga sangat mengolah nalarku dan juga mengolah rasa. Walau pun terkadang kita suka bertemu dengan orang-orang baru yang sekiranya tidak sepaham atau sepemikiran dengan kita. Namun tidak apa-apa. Dari situ, kita belajar hidup. Kita belajar untuk menghadapi dan menanggapi orang. Tetapi disaat kita bertemu dengan orang-orang baru yang sepaham dengan kita, pasti kita sangat senang dan kedepannya mungkin kita dapat menjadi teman dekat dengan orang tersebut. Siapa yang tahu? Expect what did not expect. Bertemu dengan orang-orang baru berarti membuka banyak kemungkinan, kesempatan dan juga pintu-pintu baru bagi kami.
Intinya, bagiku belajar hidup juga pendidikan. Bahkan bagiku itu adalah hal yang paling penting bagi manusia untuk dapat bertahan hidup dan juga untuk enjoy hidup mereka.

Life is an adventure.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s