Kamulah Malaikat Pencabut Nyawamu.

Mengapa manusia hidup? Mengapa manusia mati? Kapan manusia mati? Jujur, bagiku memabahas mengenai kematian seseorang sangatlah mengerikan dan sedih pada waktu yang bersamaan. Namun terkadang aku penasaran apa penyabab mereka melakukan hal tersebut? Apa faktor yang membuat mereka memiliki urge untuk bunuh diri?

Ternyata lebih banyak orang yang meninggal akibat bunuh diri, dibandingkan akibat kecelakaan, pembunuhan atau pun diserang oleh hewan.

Setiap tahun, setidaknya ada 800 ribu orang di seluruh dunia yang bunuh diri. Penyebabnya pun beragam. 45% dari orang yang bunuh diri melakukannya karena memiliki gangguan mental, sementara 55% selebihnya lebih mengarah kepada hal personal seperti, hubungan percintaan, karir, rasa malu dan hilangnya harapan. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang bunuh diri. Bisa berasal dari lingkungan sekolah atau rumah, dari masa lalu yang sangat membuatnya depresi, hingga karena rasa malu yang sangat tinggi.

Menurutku, suatu pembullyan yang sangat keras dan selalu tertuju pada satu orang, dapat berdampak sangat buruk baru korban. Menurut penelitian Yale University, 7 hingga 9 persen korban bully, melakukan bunuh diri. Cara yang mereka gunakan pun bermacam-macam. Mulai dari sengaja meminum obat lebih dari dosis, melakukan cutting pada bagian tubuhnya, menggantung diri, hingga menembak diri sendiri dengan pistol.

Seperti kasus bunuh diri seorang gadis asal Amerika bernama Amanda Todd. Ia membuat sebuah video pendek yang menceritakan mengenai kenapa ia sangat depresi. Beberapa hari setelah ia mengunggah video tersebut di YouTube ( https://www.youtube.com/watch?v=v2QRbl3H0ug ), Amanda Todd bunuh diri dengan penuh bekas cutting di sekujur tubuhnya.

Seperti negara Finlandia. Walau pun negara ini terkesan sebagai negara yang makmur, negara dengan pusat pendidikan dan negara yang segala kebutuhannya terpenuhi. Namun kita tidak tahu dengan penduduknya. Ternyata Finlandia adalah salah satu negara yang memiliki tingkat bunuh diri pada masyarakat yang sangat tinggi. Menurut penduduk lokal di sana, 2 faktor besar yang membuat hal tersebut terjadi karena banyaknya masyarakat yang merasa kesepian tidak memiliki keluarga atau teman dan karena kondisi cuaca yang sangat ekstrim. Ternyata kekayaan dan kemakmuran sebuah negara, tidak menjamin memiliki warga yang bahagia.

Yang mengejutkan, biasanya orang-orang yang melakukan bunuh diri adalah seseorang yang terlihat sangat bahagia di luarnya, sebenarnya menyimpan banyak hal yang terpendam di dalamnya. Yang lebih mengejutkan lagi, banyak artis dan para penghibur yang pada akhirnya melakukan bunuh diri. Mereka lebih sibuk memenuhi kebutuhan dan kebahagian orang lain, dari pada kebahagian diri sendiri. Maka dari itu, banyak sekali selebriti yang sangat terkenal pada akhirnya bunuh diri karena didiagnosa mengalami depresi.

Biasanya artis-artis ini mengalami kekagetan di mana mereka tiba-tiba menjadi terkenal. Semua orang memujanya. Semua orang membanggakannya. Uang yang dimiliki tiba-tiba tidak berseri. Namun mereka juga tidak memiliki privasi dan kebahagian sesuai keinginan mereka. Seperti contohnya Robin Williams (aktor Hollywood), Whitney Houston (penyanyi), Marilyn Monroe (aktris), Ernest Hemingway (penulis novel) dan Vincent van Gogh (pelukis) dan Kurt Cobain (penyanyi). Biasanya sebelum mereka melakukan bunuh diri, mereka menulis sebuah surat untuk keluarga, teman, atau siapa pun yang menemukan tulisan tersebut. Seperti contohnya di bawah ini,  suicide note yang ditulis oleh Kurt Cobain untuk istri dan anaknya.

Intinya, bagiku seseorang melakukan bunuh diri antara karena rasa malu, anxiety atau depresi yang sangat mendalam. Setiap orang sangat membutuhkan cinta, respect, teman, tujuan hidup, dan respect. Bagiku sangat mudah bagi kami manusia untuk menamatkan hidupnya. Namun yang sulit adalah untuk hidup dan menjalani realita kehidupan. Semua ada di tangan kita masing-masing.

https://www.youtube.com/watch?v=ghyamhuKpd8&t=57s

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s